Emak Edisi Baper?

by - Friday, September 13, 2019

Nja sekarang ikut di daycare (dc) loh, biar mengurangi kepusingan Mamah yang selalu kepikiran drama makan, momong, dan kegiatan sehari-hari Nja selama ditinggal kerja. Sekarang sudah hampir sebulan Nja dc, sudah terlihat hepi dan mulai bisa beradaptasi dengan teman2nya. Mamah jadi legaan.



Sejak Nja masuk dc, titel saya jadi nambah deh, sebagai wali murid. Maka dari itu dimasukkanlah nomor hape saya ke dalam grup mamah2 wali murid, eaaaa! Fungsi grup tsb tentu saja untuk komunikasi dari guru ke para wali yang berupa informasi2 terkini dan kiriman foto/video kegiatan anak-anak selama di dc. Para wali juga boleh kirim pesan ke guru, misal tanya tentang makan, tidur, pup, dll yang berkaitan sama anak masing-masing. Tapi kalau Mamah Nja kadang2 memilih jadi #timjapri gurunya biar puas, wkwkwk... *soale gak dikasih raport harian siih*

Alhamdulillahnya grup dc ini masih kondusif dari sebaran hoax dan berita2 yang simpang siur *ini yang kadang dikuatirkan kalau tergabung dalam grup emak2* Semoga selamanya begitu. Cuma ada satu negatifnya: para member masih terasa kayak gak saling kenal karena jarang sapaan atau sekedar mengucapkan "semoga lekas sehat" atau apalah ketika ada anak yang gak masuk karena sakit.

----

Setiap hari saya mendapat kiriman video kegiatan anak2 di dc melalui grup. So far melalui video itu saya jadi sedikit banyak tahu perkembangan Nja. Mulai dari Nja yang diem aja karena masih belajar adaptasi, Nja belum mau ikutan main sama temen, atau pas Nja agak-agak mewek karena suasananya lagi rame bocah2. Hingga suatu hari saya mendapat video yang isinya kok... koook... *ala2 sinetron* saya merasa gimana gitu...

Yaitu video saat acara mewarnai. Nja duduk satu meja sama para anak cowok yang umurnya sekitar 3-4 tahunan. Nja paling kecil sendiri. Sembari mewarnai kok ada temennya Nja yang colek-colek pipi Nja, terus beberapa yang lain ketawa-tawa, kayak bercandaan sih tapi ke arah Nja. Terus ada yang maju kayak mau kiss ke muka Nja. Tapi Nja-nya diem aja sambil cemberut dan lirak lirik. Keliatan bete gitu. Saya share video itu ke Papanja dan temen, minta pendapat karena kok hati ini terasa mencelos. Papanja langsung nyuruh saya wa gurunya.

Dalam hati "Ngopooo iki bocahkuu? Kok beda banget sama Nja yang di rumah. Di rumah Nja bisa protes kalau gak suka, bahkan teriak kalau lagi digodain.  

Yaudah deh, saya langsung japri gurunya, untuk memastikan Nja baik2 aja, sekalian nanya temen2nya bercanda apa. Untung gurunya gercep, dijawab kalau itu bercanda biasa aja. Baiklah, hati mamah lega. Sementara, tapi.

Tadinya saya sempat mau langsung tanggapi di grup. Cuma mikir lagi, takutnya ada ortu yang gak terima terus saya dicap baperan. Walaupun sejujurnya ya emang baper sih, hahahaa... Lah gimana dong, mungkin masih new mama anak sekolah syndrom kali yak? wkwwk..

Sementara hati saya yang lain seperti bilang "ya kalau bercandanya kebangetan masa gurunya diem aja? kan itu yang ngrekam juga gurunya langsung, jarak dekat juga" --> iya juga siiih..

Begitu Nja di rumah, saya langsung bombardir Nja dengan beberapa pertanyaan tentang kegiatannya di dc tadi, gimana perasaannya dll. Nja sih jawabnya hepi2 aja, la iyaa wong dia juga gak ngerti arti hepi, mamaaah! Yang pasti Nja cerita kalau dia gak nangis, maem banyak, dan minum susu okat. Lega, Mah?

YHA BELUM!

Jujur aja saya masih kepikiran sampai beberapa hari berikutnya. Bahkan saya akhirnya nanya ke temen2 yang anaknya udah sekolah, kira-kira yang saya kuatirkan wajar gak. Mereka bilang wajar aja, tapi mereka juga bilang bahwa anak gak selamanya berada di tempat yang aman, termasuk di sekolah/dc. Jadi baiknya ya tetap dipantau, jangan sungkan untuk japri gurunya.

Dari kejadian ini kayaknya saya musti lebih intens ngajarin Nja tentang sikap asertif alias berani bilang tidak saat merasa gak nyaman, untuk bela diri plus biar gak jago kandang. Ntr gedean dikit sudah niat masukin Nja ke kursus beladiri apapun bentuknya.

Gitu yaa ternyata rasanya jadi mamak2 yang anaknya baru masuk sekolah. Lebih ngeri mendapati anaknya kenapa2 (dibully atau membully) daripada sekedar bersua dengan "geng macan ternak", hehehe

Semoga ini hanya sebuah kebetulan yang ndilalah pas hati mamah lagi edisi baper. Moga2 Nja makin bisa beradaptasi dengan baik lalu punya temen banyak deh...

\\

You May Also Like

1 Comments

  1. emg biasa begitu kali yaaa awal2 anak masuk daycare :D.. anakku yg kecil juga gitu di awal2 paud.. padahl di rumah lincah, aktif, tp di sekolah lgs pendiem banget.. tapi aku anggab dia lg belahar adaptasi :). kalo skr sih udh mulai sama lincahnya kayak di rumah

    ReplyDelete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)