Big Five Personality

by - Tuesday, December 10, 2019

Selain dunia parenting dan tumbuh kembang anak, hal yang sedang saya gandrungi belakangan ini adalah yang berkaitan dengan kesehatan mental (mental health). Terus pas kemarin ngobrol-ngobrol sama Kunis (adek eike no 2) rasanya kayak tutup bersambut gelas gitu, karena dia juga lagi demen sama tema-tema ini. Bahkan yang kita ikutin sama: dr Jiemi Ardian, psikiater hits di jagat Twitterland. 


Funfact dari hasil obrolan yang ngena banget tuh kalau kesurupan itu bukan semata-mata karena gangguan jin seperti yang selama ini saya tahu. Karena ternyata kesurupan punya terjemahan dalam ilmu medis yang mengarah ke penyakit mental. Nama medisnya tuh Possession Trance Disorder. Lebih jelasnya mending googling sendiri aja yaak, biar postingan ini gak melenceng kemana-mana, hehe.

Dari dr Jiemi ini lah, saya dapat info tentang konsul psikologi online di www.ibunda.id. Setelah saya selami, portal ini menarik banget lho, mengingat konsul psikologi yang mahal, portal ini bisa jadi alternatif sebelum beneran konsul langsung. Siapa tahu dapet solusi lebih cepat. 

Selain layanan konsul online, di portal ini juga ada menu Quiz, yang salah satu diantaranya kuis mengenal diri sendiri. Judulnya Big Five. Isinya berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengarah ke sifat2 personal kita. Gak ada jawaban benar dan salah, dan pas ngisi diusahakan dalam kondisi santai jadi hasilnya relate sama yang beneran kita rasakan. 

Nah lewat postingan ini saya mau berbagi hasil tes yang sudah saya kerjakan. Hasilnya big five personality saya tuh: Extraversion, Agreebleness, Consentiousness, Neurocitism, dan Openess to Experience, yang arinya adalah (langsung saya copy aja):

Extraversion

Kepribadian Extraversion menjelaskan tingkat kenyamanan seseorang dalam berinteraksi dan membangun hubungan dengan orang lain.
Kamu cenderung nyaman dalam situasi sosial dan secara bersamaan juga nyaman menjadi penyendiri. Kamu cenderung dapat menguasai berbagai situasi yang kamu hadapi, kamu juga tidak terlalu mudah untuk mengutarakan suatu hal namun kamu juga tidak berdiam diri hanya untuk mengamati suatu hal. Hal tersebut membuat kamu mudah beradaptasi di dalam kondisi apapun. Pertahankan yah kelebihan yang kamu miliki, jangan lupa tetap eksplorasi kemampuan kamu yaa.

Agreeableness

Kepribadian Agreeableness cenderung menjelaskan orientasi kepribadian dalam hal berpikir, perasaan dan perilaku.
Kamu orang yang cenderung memiliki kepercayaan penuh kepada orang lain tetapi secara bersamaan kamu juga berhati-hati dalam bersosiaisasi. Hal tersebut dapat membantu kamu untuk lebih waspada dengan kemungkinan yang ada direalitas. Disatu sisi kamu termasuk orang yang senang bergabung dalam suatu kelompok namun terkadang kamu senang dengan kegiatan yang personal yang berorientasi pada diri kamu sendiri. Dari segala kemampuan dan kelebihan yang kamu miliki jangan cepat puas ya, tetap ekplorasi diri kamu untuk hal yang lebih baik.

Conscientiousness

Kepribadian Conscientiousness menjelaskan kemampuan individu dalam organisasi, termasuk ketekunan seseorang dan motivasi untuk mencapai tujuan.
Kamu orang yang cukup disiplin namun kamu juga bisa santai sewaktu-waktu. Kamu cukup dapat diandalkan namun kamu terkadang senang menunda tugas. Hal tersebut membuat kamu cukup memiliki ambisi untuk menggapai tujuan tetapi kamu juga tidak terlalu memaksakan apabila di luar batas kemampuan kamu. Penjelasan di atas mungkin dapat membantu kamu untuk lebih mengenal diri, jangan cepat puas ya gali terus keampuan kamu untuk masa depan yang cemerlang.

Neuroticism

Kepribadian Neurocitism menjelaskan kestabilan dan ketidakstabilan emosi pada individu. Kepribadian kamu bisa dikatakan baik namun di level tertentu.
Namun disuatu waktu kamu akan menjadi seseorang yang berhati-hati bahkan lebih cekatan. Namun, ada baiknya kamu melakukan konsultasi dan cerita pada teman karena kalau terlalu berhati-hati tidak selalu baik lho da menimbulkan kecemasan

Openness to Experience

Kepribadian Openess to Experience menjelaskan cara individu dalam hal menggali hal baru dan penghargaan positif individu terhadap pengalaman yang individu dapatkan.
Kamu orang yang selalu tertarik dengan hal baru dan memiliki wawasan yang luas. Sehingga kamu terlihat sebagai orang yang tidak ketinggalan jaman karena akan selalu update dengan hal baru. Hal tersebut sangat baik karena membuat kamu menjadi kreatif dan selalu ingin melakukan aktivitas di luar zona nyaman kamu. Dari beberapa kelebihan kamu termasuk orang yang imajinatif lohh pertahankan untuk menemukan hal-hal baru yaa.


Secara keseluruhan, saya merasa pas atau sesuai dengan apa yang ditampilkan pada hasilnya. Terutama bagian yang kadang bisa sangat disiplin tapi kadang juga bisa menunda pekerjaan, tapi in the end tetap bisa menyelesaikan apa yang sudah dimulai. Ini iya banget, apalagi kalau udah berkaitan sama kerjaan atau project. Di kepribadian Neurocitism juga sama banget, karena ya memang saya tuh orangnya cenderung berhati-hati banyak mikir, tapi kalau udah overthinking lama2 bikin cemas dan malah gak pede. Terus yang Openess to Experience juga, sampai-sampai saya mendapat julukan mamak milenal karena suka banget mencari tahu hal yang kekinian, hehe.

Menarik kan Big Five Personality ini. Yang mau cobain klik aja ya di link yang saya kasih tadi. Jangan lupa save biar gak lupa hasilnya...

You May Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)