Kemping Pertama di Hopeland Bogor

by - Monday, April 11, 2022

Hai, 2022, sudah April saja ya, cepat sekali. Ada banyak cerita yang ingin ku bagi sebenarnya. Salah satunya cerita tentang pengalaman pertama kali kemping di alam terbuka sejak lepas jadi anggota Pramuka sekian abad yang lalu, hahahaa...
 
Kali ini, Mamanja tetiba meng-iya-kan ajakan temen untuk kemping bersama. Ngimpi apa Mamanja, haha, secara pengalaman kemping jaman sekolah gak menyenangkan jadi gak pernah masuk wistlist agenda yang akan dijalankan di masa depan 😁😂. Karena ajakan yang cukup kuat akhirnya luluh lah hati Mamanja, didukung oleh rasa penasaran Papanja yang katanya belum pernah kemping sebelumnya. Apalagi kemping ini kemping keluarga, bukan kemping Pramuka. Yaudah deh cuss ajah dan langsung pesen camping ground Hopeland, yang lokasinya ada di Kec. Cijeruk, Kabupaten Bogor, sekitar 1-1.5 jam dari Bekasi.
 
 
Kami berangkat Sabtu pagi, biar gak kena macet. Secara arah Bogor tuh kalau wiken biasanya macet, sampai heran kenapa bisa begitu. Pesona Bogor dan Puncak emang gak pernah luntur bagi warga ibukota. Berhubung infonya jalanan yang bakal ditempuh sangat offroad alias terjal, Mamanja ditawari menebeng teman, sekalian biar gak kebanyakan mobil. Maklum mobil kita trepess gaes, belom sampai tempat udah minder duluan takut nge-gasruk hahaha... 

Benar saja, begitu sampai jalanan utama menuju area, langsung bikin jiper. Jarak dari jalanan utama ke area kemping cukup panjang dan naik turun berupa tanah berbatu. Paling cocok memang pakai mobil 4x4. Nah kebetulan mobil yang kami naiki 4x2, sampai tengah perjalanan macet deh, jadi perlu ditarik mobil 4x4 karena gak bisa nanjak. Apakabar sedan Papanja kalau begini mah, buat kemping aja udah gak masuk tema wkwkwkw *kode ganti mobil gimana?*

Setelah bergulat dengan medan yang membuat "pegel" sampailah di area perkemahan. Takjub euy banyak juga yang kemping. Kirain pandemi gini sepi... sebagai alumni covid agak dag-dig-dug sebenernya, takut kena lagi. Tapi ya mau gimana udah sampai atas, jadi bismillah aja dan tetap jaga prokes se-optimal mungkin. 

Ngomong-ngomong, aslinya Mamanja itu bukan adventurer ketika berwisata. Maknya kemping belum pernah menjadi opsi piknik yang Mamanja masukkan list, selain karena pengamanan berkemah jaman dulu yang kurang berkesan. Kalau ada test disuruh pilih laut atau gunung, Mamanja bakal pilih laut, tapi kalau pilihannya alam atau wisata kota tentu saja pilihannya kota ehehe... Kecuali wisata alamnya sudah terintegrasi kayak di Jepang baru deh Mamanja mau. Karena Mamanja males mikir akomodasi dan transportasi dari dan menuju lokasi. Pokoknya kalau yang masih mencar-mencar dan effort gede daku melipir dulu. 

Foto kanan: lagi masak-masak rempong, hehe; foto kanan atas: tenda-tenda para kemping-ers; foto kanan bawah: Papanja dan bocil2
 
Lha tapiiii kok tumben ikut kemping? Karena penasaran dan Papanja juga mau. Plus judulnya juga kemping dengan fasilitas. Setidaknya ada fasilitas KM/WC yang cukup dan gak jauh, serta bersih. Pas sampai lokasi eh ada kafe-nya dong... ehehe.. gimana gak girang, setidaknya pas mendadak kelaperan sementara masakan sudah abis atau belum mateng bisa beli dulu buat ganjel perut. Biar gak lola n galak gagara laper hahahaa... Kafe-nya ala-ala sih, semacam warung makan, milik pengelola kemping. Lumayan lah bisa pesan-pesan nasi uduk, nasi liwet, atau sekedar indomie godok dan teh manis hangat. 

Selain fasilitasnya yang lengkap, suasana di Hopeland juga cerah meski gak sedingin puncak Bogor. Malah kalau siang agak cenderung panas. Untung masih ada angin jadi  bisa ditoleransi gerahnya. Di malam hari baru mulai terasa sejuk.

Foto diatas: toiler warna warni, tempat cuci piring, gazebo dan kafe ala-ala
 
Foto kiri atas: suasana pondok pengungsian eh kemping Mamanja & fren~ suasanya sudah sepi karena sudah masuk hari Senen. Kita balik kemping Senen dan sudah gak ada yang kemping lagi, hahaa
 
\\
 
Apa kabar Ahza di kemping pertama? Hahahhaa Mamanja mau ketawa dulu ah! Ahza tuh dari bayi umur tiga bulan udah diangkut ke sana kemari termasuk ke luar kota. Dan biasanya gak rewel, gak emosian. Eh lha pas kemping kemarin kok ya dia malah drama alias rewel. Pertama pas berangkat, doi rusuh pengen berdiri-berdiri di mobil, sementara itu bukan mobil sendiri ya bok, dan ada anak temen Mamanja juga yang pengen gantian di posisi Ahza berdiri. Alhasil ahza kesel, ngamuk deh di mobil *tepok jidat*. Yang kedua, tengah malem tiba-tiba kebangun dari tidur langsung nangis, khas anak pertama kali nginep di tempat asing. Mamanja yang gak begitu percaya sama sawan dan sebangsanya anggepnya karena Ahza mimpi buruk atau overstimulasi sejak di perjalanan atau kecapekan dan overexcited sama kondisi tempat baru. Nangis kejernya mayan tuh, ada kali 2 jam, ckckckckkkkk.... ngelus dada lagi lah Mamanja. Mana di tenda ya bok, Ahza gak bisa diangkut gendong keluar tenda  karena kakinya kayak nemplok di tiker. Yaudah daripada kecengklak kita puk2in di dalam tenda aja sampai nangisnya berhenti, fiuuh... Untung besok paginya udah bener dah itu mood nya Ahza, jadi bisa main dengan santai dan ceria. Pas ditanya pengen kemping lagi, Ahza menjawab dengan mantap: MAU!!!
 

Yang seru kemping rame-rame gini tuh waktunya mengeksplorasi kemampuan memasak. Tentu saja masak yang tidak seperti biasa, haha. Emang pada seneng rempong temen Mamanja tuh wkwkwkwk.. Sebutlah menu cream soup jamur, roti udang goreng, daging jamur panggang, sop kimlo, nasi liwet, bahkan di kemping-kemping berikutnya ada yang masak sushi. Buset dah. Kalau Mamanja kemping sendirian palingan cuma bawa rendang sama kering tempe, indomie telor udah hahahhaa... Meski rempes tapi seru bok, cuma yaa gak sempet foto-foto makanan kemarin, udah keburu ludes karena suasananya bikin cepat laper. 

Dah ah, ceritanya panjang banget, overall rating kemping di Hopeland Mamanja kasih:
  • Tempat: 4/5 (fasilitas lengkap dan lumayan bersih, meskipun jalanannya aduhai bikin meleyot)

 

c.u again~ tiaputri.com


You May Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)