Vaksin Meningitis untuk Bayi

by - Wednesday, February 13, 2019

Salah satu syarat pergi umroh adalah vaksin meningitis. Terutama untuk orang dengan usia mulai dari 2 tahun, seperti yang direkomendasikan oleh balai kesehatan pemerintah yang melayani vaksin tsb. 


Waktu umroh kemarin saya mengajak Ahzo, yang usianya masih 20 bulan. Sebelum pergi saya sempatkan mencari informasi apakah Ahzo perlu vaksin meningitis atau tidak. Awalnya saya tanya di grup Gesamun dan mendapatkan jawaban untuk vaksin meningitisnya belum perlu, karena sudah tercover oleh vaksin DPT Combo walaupun virus meningitis yang ada di vaksin tersebut berbeda dengan vaksin meningitis yang biasanya untuk keperluan umroh atau traveling ke daerah Timur Tengah. 

Meski sudah dapat jawaban dari grup yang cukup kredibel dalam hal vaksin, dalam hati kok saya masih ragu. Rasanya masih pengen cari informasi lain terkait perlu tidaknya vaksin meningitis untuk bayi atau batita seumur Ahzo. Sudah berkali-kali googling juga sebenernya, tapi kok ya belum nemu yang sreg. Entah waktu itu gak dapet tulisan yang meyakinkan atau gimana intinya kok saya masih penasaran. 

Sampai kemudian, pas konsultasi terkait perkembangan BB-nya Ahzo, saya nanya sama dokternya.perlu tidaknya anak dibawah 2 tahun vaksin meningitis? Nah ketemulah jawabannya disini...

Menurut dokter Kanya, bayi atau batita tetap perlu vaksin meningitis. Karena virus yang meningitis yang biasanya ada di negara-negara Arab berbeda dengan virus yang ada dalam vaksin DPT Combo. Vaksin meningitis untuk pergi umroh mencegah mengintis dari virus Meningococus, sementara yang ada di dalam vaksin DPT Combo Hib untuk virus Haemophilus influenzae type b. Gampangannya sih begitu... koreksi saja jika salah, :)

Sayangnya, ketersediaan vaksin meningitis untuk bayi sangat terbatas. Tidak semua RS dan klinik punya stok. Apalagi di balai kesehatan pemerintah, karena mereka berprinsip pemberiannya untuk anak usia lebih dari 2 tahun. Bahkan stok di Rumah Vaksin pun sedang kosong.

Lalu dimana akhirnya saya dapatkan?

Saya kemudian kontak dr Kanya, nanya klinik mana yang punya vaksin meningitis bayi. Dapatlah informasi bahwa vaksin tersebut tersedia di Klinik Vaksin In Harmony, Jl. Percetakan Negara IV-B no.48, Jakarta. Padahal yaa klinik ini punya website yang ada penjelasan pentingnya vaksin meningitis untuk anak loh, kok ya kemarin2 saya gak nemu 😑. 

Begitu dapat informasi, besoknya saya langsung bikin janji. Benar saja sampai sana vaksin tersebut tersedia. Sebelum vaksin pun dijelaskan bahwa vaksin meningitis yang dimaksud bisa digunakan untuk bayi dibawah usia 2 tahun, bahkan bisa digunakan mulai usia 2 bulan. Merk vaskin yang dipakai adalah Menactra. Biaya yang saya bayar memang jauh lebih mahal dibanding vaksin meningitis dewasa, yakni sebesar 900-an ribu. Setelah selesai, Ahzo diberi kartu kuning yang berlaku internasional beserta stiker merk vaksinnya.

Walau harus merogoh kantong lebih banyak, saya merasa lebih lega dan makin mantap untuk mengajak Ahzo berangkat umroh. Info lebih lengkap tentang vaksin meningitis ada disini.

Kesan pelayanan di Klinik In Harmony nya gimana?
Klinik vaksin ini termasuk kecil, karena bentuknya ruko. Area parkir pun terbatas. Tapi interior dalamnya bagus dan bersih. Pegawai administrasinya ramah dan fast respon ketika mengangkat telepon. Dokter yang mem-vaksin pun ramah, mau menjelaskan tentang vaksin yang akan disuntikkan. Pas Ahzo nangis karena disuntik, dokter gercep buat nenangin, terus nyetelin video via laptopnya, jadi Ahzo gak makin kejer nangisnya.... Nah yang paling penting di klinik ini adalah antriannya gak panjang, malah cenderung sepi. Jadinya gak bete nunggu... Nilai plus lainnya, di samping klinik selisih 2 ruko ada warung Soto Madura yang enaa dan murah. Kenyang deh abis disuntik kita..  hehe

//


You May Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Responsive Ads Here