Belanja Hemat Keperluan Bayi Via Online

Friday, April 27, 2018

Saya termasuk yang seneng banget belanja online. Bahkan beli jemuran saja online 😁. Alasannya jelas karena praktis dan harganya jauh lebih murah. Hal negatifnya paling gak sesuai ekspektasi. Yang difoto apa, yang dateng apa. Huahaha.... >> makanya sebelum beli cek ricek reviewnya plus foto real-nya, sist 😜😝 , yang cukup gampang ditemui di market place tapi susah kalau jualnya hanya di instagram.



Pun saat hamil, hampir segala macam keperluan lahiran saya beli dalam satu ketukan jari. Meskipun secara amount hasilnya 50:50 dengan yang dibeli secara langsung. Hal ini karena yang saya beli offline biasanya barang yang nilainya besar, macem pompa asi atau barang yang ngecer tapi kalau ditotal lumayan juga.. seperti: minyak telon, pospak, sabun bayi, shampo, kapas, dan perawatan lainnya.

Biar gak kecewa saat barang dari online datang, sebelumnya tetap saya pastiin dulu kualitasnya. Salah satu caranya dengan beli beberapa sampel (khususnya baju2an) ke toko offline. Kalaupun gak beli ya setidaknya survey ke toko sambil liat dan pegang barangnya, kira-kira cocok gak. Jangan lupa catet merknya, ambil 2-3 merk alternatif.

Balik ke rumah, saya bikin dah tuh daftar belanjaan dalam bentuk tabel yang berisi kolom nama barang, toko, merek barang, harga, jumlah atau qty, total harga, status barang, bahkan sampai persentase total, hahaa, dah macem copas kerjaan kantor ke urusan pribadilah. Lalu kelompokkan kebutuhan bayi dan ibu. Kalau daftarnya udah jadi, saya masuk-masukin harga, merk dan toko yang dituju dalam tabel.

Abis itu, buka deh semua jenis market place: Shoppe, Tokopedia, Bukalapak, IG, dll (karena postingan ini gak berbayar, so sebutin aja semuanya 😂😂😆). Banding-bandingin dah itu per jenis barang yang mau dibeli. Jangan lupa manfaatkan promo-promo dari market place. Mumet-mumet dah wqkqkqk.. Psssst... ternyata lumayan selisih loh harga2 dari tiap platform tsb. Sejauh ini untuk barang dengan merk yang sama (dan bahkan tokonya sama) lebih murah beli di Shoppe. Oh, saya juga gabungkan lagi barang-barang yang bisa dibeli di satu toko online, tujuannya tentu sahaja agar lebih hemat ongkir. Urusan hemat ongkir Shoppee juga tetap terjuara! *gak dibayar* Atau bisa juga dengan menghubungi tokonya via telepon/WA apakah bisa beli borongan tanpa sistem, tentu sambil negosiasi barangkali bisa dapat harga spesial. Pokoknya belanja ala procurement di kantor, hehehee.... demi menegakkan prinsip ekonomi 😊 -- tapi ya jangan cethil2 amat yaa, gak perlu ngotot kalau pedagangnya gak kasih harga super diskon. Dan alhamdulillah waktu belanja kemarin ada satu-dua toko yang mau kasih harga oke plus sistem yang gak ribet.

Oiya, terkait kualitas, pilihan saya bukan yang paling unggulan/branded, terutama untuk baju bayi newborn. Yang penting sudah SNI, bahan halus dan menyerap keringat. Pertimbangan saya karena terpakainya hanya sebentar. Kan dalam 6 bulan pertama bayi akan lebih cepet gede. Selain itu selisih harganya bisa saya alokasikan untuk keperluan lain yang lebih penting. 

Satu yang bikin kaget, ternyata belanja kebutuhan lahiran itu masyaallah banyak banget cost-nya. Saya gak nyangka banget. Yaa... mungkin juga karena apa-apa jadi pengen kali yaa, ada hawa-hawa lapar mata gitu. Hahahaa... Pokoknya kalau kurang cermat bisa bikin boncos. So, sebelum melempar daftar belanja ke toko-toko, saya minta  teman yang sudah pengalaman untuk mengoreksi daftar tsb. Kenapa orang lain? Ya biar objektif dalam mengeliminasi pembelian yang tidak perlu. Call me lebay, silakaan, hahaa... Soalnya minta tolong suami cek, beliaunya kagak paham2 banget. Cuma kaget aja waktu liat harga pumping nyampe jutaan. Hohoho... Selanjutnya cuma bilang "yaudah kalau emang butuh en itung2annya segitu ya beli aja...." Sungguh tidak menyelesaikan problema mamak2 kan? 😖

Baeklah, gak perlu banyak-banyak nulis, langsung saya share saja deh daftar belanjaan keperluan lahirannya. Barangkali bermanfaat bagi semua yang lagi siap-siap menyambut sang buah hati... File ini juga bisa dijadikan template untuk buibuk belanja, tinggal kosongin aja daftar yang saya punya.
\\
\\
Klik disini yaa: 👉👉😉 Babypao's Shopping List


\\
@tiasangputri | 2018

You Might Also Like

1 Comments

  1. Wah biasanya kalau saya beli online itu buku bayi mba dan memang lebih simpel ya kalau belanja online. Ga usah buang-buang waktu, n capek-capek lagi. Hihihi

    ReplyDelete

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Member of

Blogger Perempuan

blog stats

Subscribe