Tumbuh Kembang Ahza 7-12 Bulan

Thursday, September 20, 2018

Ini adalah cerita lanjutan tentang tumbuh kembang si #babypao aka Ahzapao. Kali ini ceritanya  beneran mau nulis tentang tumbuh kembang ah, soale kalau baca tulisan sebelumnya meleber ke segala macem drama, jadi enggak fokus.  Tujuannya tetep sebagai dokumentasi pribadi, dan juga sebagai catatan sejarah kali aja suatu saat nanti Ahza nanyain. Kayak sekarang ini kadang saya pen nanyain ortu tentang tumbuh kembang saya jaman dulu untuk checklist riwayat. Kan ada tuh yang kaitannya dengan masa lalu, misal anak belum jalan di usia segini, mungkin dulu ortunya juga telat, dll gitu. Percaya gak percaya kalau yang beginian sih jadinya. Setidaknya buat patokan aja agar hati lebih ayem.


Biar gak mbleber-mbleber lagi saya langsung aja yaak...

Ahza 7 bulan, makin canggih dalam hal naik turun kasur. Mulai berdiri-berdiri pegangan tapi kaki masih oglek-oglek. Ya jelaslah wong belum waktunya. Kalau kata uti jangan dikasih ijin berdiri-berdiri dulu sampai kakinya kuat. Baique. Kemampuan dan kemauan makan masih baik, BB juga nambah lumayan sesuai jalurnya. Ngoceh-ngoceh aja kerjaannya tiap hari.

Ahza 8 bulan, makin seneng berdiri-berdiri, bibirnya suka nyembur-nyembur dan ngoceh. Gigi udah nambah jadi 4 (2 atas, 2 bawah). Suka bercanda, tawa-tawa, sudah bisa tepuk tangan, mulai ngerti dengan instruksi. Napsu makan masih baik, sudah naik tekstur lebih kasar. Ahza juga masih yang anteng saat diajak jalan-jalan, hampir gak pernah rewel di kendaraan ataupun di tempat acara. Alhamdulillah...

Ahza 9 bulan, tiba-tiba menjadi clingy alias nangisan dan takutan. Lebih tepatnya takut sendirian dan takut sepi. Bener-bener yang gak mau ditinggal, even lagi solat dan dia duduk di sajadah aja sambil nangis kejer. Sampai yang momong tuh bingung takut kenapa-kenapa sama Ahza. Huhaaah banget dah. Ternyata setelah saya googling sepertinya Ahza sedang mengalami fase separation anxiety, atau takut akan perpisahan, *ciye ciyee* Setelah saya tahu, saya lebih kalem nanggepi Ahza nangis. Solat mah solat aja, gak apa-apa Ahza nangis bentar, toh solat gak nyampe 5 menit kan, abis itu gendong2 deh bocahnya.... Nah kalau dari sisi motorik, Ahza udah lebih kuat berdiri-berdirinya, tapi tetep blm bisa melangkah. Berdiri juga masih pegangan. Kemampuan ngocehnya? Keluar lah kata "baaa, daaa, nenen, taaaa, coco coco" gitu... Gemes banget kalau si bocah sudah berisik. Ahza juga sudah bisa toss sebagai ganti dari salaman. Abis kalau diajarin salaman masih suka ngeles sih, hehe.. Urusan makan pegimane? Masih oke oce... Menu makanan makin bervariasi, salah satunya sudah saya cobain puding, chia sheed dan nutritional yeast biar makananya lebih berasa.


Ahza 10 bulan, emmm... masih mirip-mirip usia 9 bulan kalau dari sisi motoriknya. Tambahannya adalah Ahza sudah bisa diajakin main petak umpet. Biasanya papanya yang ngajakin main, dan si bocah tawa-tawa aja. Cari papa pakai merangkak, soale belum bisa jalan. Hehe... Selain itu, Ahza juga udah bisa cari-cari barang yang disembunyiin. Misal saya lagi pegang remot AC, biar gak dipencet-pencet saya umpetin dibawah bantal tuh. EEh dianya malah nggeragapin selipan bantal dan tadaaaa... nemu deh remot ac-nya. Oiya, di umur segini Ahza pertama kalinya melakukan aksi GTM yang cukup parah (sebelumnya pernah males makan tapi gak parah). Suatu mimpi buruk yang paling ditakutkan emak-emak, ye kaan?? Alhasil saya mesti putar otak setiap hari demi masak yang Ahza mau. Huhuuu....

Ahza 11 bulan, Ahza mulai bisa berdiri sendiri tapi cuma sebentar. Paling beberapa detik aja. Seperti masih takut-takut gitu. So, tugas saya dan suami buat semangatin Ahza biar pede untuk berdiri. Ahza juga sudah dipinjemi push walker untuk persiapan latihan jalan. Juga sudah dibeliin vespa mini, tapi tujuan mama papa beliin vespa tuh buat lucu-lucuan sih sebenernya. Gak taunya malah buat Ahza latian gerakin kaki juga, hehee... Kalau motorik halusnya Ahza masih yang suka ngoceh, terus udah ngerti nama-nama panggilan bonekanya, tambah suka becanda dan iseng, terutama ngisengin mama hahaa... Napsu makan? Yohooo.. masih berubah-ubah sejak aksi GTM bulan sebelumnya, so BB nya jadi irit deh... padahal targetnya minimal 3x berat lahir pas di hari ulang tahun.

Ahza 12 bulan, yeaay!! HAPPY BIRTHDAY!!
Akhirnya sampai juga di ulang tahun pertama Ahzapao. Sama seperti saat Ahza lahir, hari ulang tahun pertamanya juga jatuh di bulan Ramadhan. Ahza makin berani berdiri sendiri dan sudah selangkah dua langkah berjalan. Sama seperti waktu latihan berdiri, Ahza masih belum begitu pede untuk melangkahkan kaki lebih banyak lagi. Biar makin pede, saya ajari Ahza jalan dengan mengulur jarak. Awalnya jarak 30 cm, 50 cm, 100 cm, diulang-ulang tiap hari. Terus latian dengan titah-titah, dorong-dorong push walker, kursi plastik, galon kosong, bahkan vacum cleaner. Vespa mininya juga lumayan berperan loh buat latian jalan... Hingga akhirnya usaha ini berbuah manis tepat di usia Ahza ya ke-14 bulan, yee.....!

-----------------------------------------

Gitu deh ceritanya... sampai jumpa di cerita milestone Ahza selanjutnya *semoga gak lupa*




You Might Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)

Member of

Blogger Perempuan

blog stats

Subscribe