Mendadak Toilet Training

by - Wednesday, April 21, 2021


Salah satu goals selama pandemi dan sering WFH adalah men-toilet-training Ahz. Bayangan awalnya sih karena aji mumpung. Mumpung banyak di rumah kan, jadi kalau ngompal ngompol bisa langsung di-pel sendiri, bagi-bagi tugas sama si mbak. Tapi aku juga sadar diri bahwa proses TT itu butuh banget kesiapan mental. Mental anaknya dan tentu saja mental mamaknya karena bakal lebih repot. Makanya sebelum mulai aku sudah sering bertanya-tanya dalam hati "yakin gak nih mulai TT? resikonya pas lagi rempong sama meeting tiba-tiba anaknya ngompol atau eek di celana atau di lantai bisa ngatasi gak?" Padahal kalau berkaca jaman aku kecil dulu kayaknya udah lepas pampers sejak bayi, selain karena mungkin keberadaan pampers yang masih langka juga karena harganya pasti mahal. Mau gak mau mesti TT sejak dini banget, tapi yang gak pernah kedengeran emang cerita susahnya TT sih...

Setelah mempertimbangkan berbagai persiapan, dimulailah percobaan pertama saat Ahz umur 2 thn 11 bulan. Modal awalnya beli celana khusus toilet training 2 pcs. Celana ini rada tebal di bagian pantatnya, persis clodi tapi gak ada insert terpisah. Katanya sih mampu menampung 2x pipis. Beli 2 dulu buat percobaan. Selain itu aq juga beli potty training yang bisa ditaruh di atas closet duduk.

Hasilnya bagaimana? Gak sesuai iklan pemirsa. Sekali pakai doang tuh celana langsung bocor. Ya mungkin karena pipisnya Ahz udah banyak kali ya... dicoba 3 hari-an lalu aku menyerah, karena setiap kali bocor Ahz minta ganti pakai pampers lagi. Setiap dibujuk pakai cd lagi dia gak mau - bener-bener gak mau. Percobaan potty training juga belum berhasil. Ahz malah jadi takut duduk di wc - takut dan bingung gitu, karena posisinya kan duduk ya, mungkin risih juga. Setiap diajakin ke wc bilangnya takut kecemplung. Halayung banget. Dan aku juga gak mau maksa. Jadi ya udah, kita lanjutkan sesi latihan TT di lain waktu.

Setelah percobaan pertama gagal, aku rada lama tuh mencoba session 2. Butuh persiapan mental ulang, hahaha... Lalu ketemu lah ide membelikan Ahz celana dalam gambar kartun Avenger dan Tayo, dua hal yang saat itu sedang jadi favorit Ahz. Pas ditawarin sih Ahz mau-mau aja. Bahkan menjelang ulang tahun yang ketiga doi bilang mau kado kancut alias cd.... "Mama masaja mau dikasih kado kancut yaa mama, yang gambar Hulk, Captain America, dan Tayo.." mantra yang dia dengungkan setiap hari. Begitu pesenan Ahz datang, dia langsung antusias dan mau coba. Angin segar dong buat Mamanja. Langsung lah kita praktek. Pas itu Ahza kayanya udah umur 3 tahunan. 

Bagaimana hasil percobaan kedua? Singkat cerita masih gagal pemirsa. Karena Ahz ternyata masih risih dan jijik setiap habis ngompol. Selain itu Ahz msh belum paham rasanya kebelet BAK dan BAB. Dan masih trauma sama wc duduk. 

Aku lalu kepikiran pengen punya buku tentang toilet training. Tapi kok gak nemu-nemu yang cocok di hati. Kayak ada cerita yang nggantung buat aku, wkwkw.. padahal saat itu aku jualan buku anak, termasuk pernah punya yang temanya toilet training. -- btw, yang mau cek-cek buku jualan Mamanja bisa lho intip IG nya di @butia.id. Bilang dapat info dari blog nanti aku kasih harga khusus dan bonus, hehehe.

----------------

Cerita toilet training selanjutnya lompat ke Ahz usia 3 tahun 9 bulan - alias baru-baru ini. Sebuah kejadian dadakan setelah aku hiatus dari pertoilet-trainingan.

Jadi, pada suatu sore Ahz mau ikut papanja magriban di masjid dekat rumah. Sebelum ke masjid Ahz minta ganti pampers karena sudah penuh, sekalian ganti celana panjang. Karena buru-buru aku pakaikan celana panjang yang ternyata kekecilan. 

Kelar dari masjid Ahz minta ganti celana pendek lagi. Gerah katanya. Pas ganti celana pinggang Ahz nampak ceplakan karet celana dan diapers. Ceplakannya terlihat besar-besar, dalam dan gerenjul-gerenjul. Buatku sih rada nggilani bentuknya, wkwk.. pas lihat Ahz juga merasa "geli" gimanaaa gitu... selanjutnya dia langsung tanya sekaligus protes kenapa ini bisa terjadi. Nah momen ini langsung ditangkap tuh sama Papanja. Doi langsung sigap ngasih jawaban kalau itu karena diapers-nya udah kekecilan dan udah kelamaan dipake jadi bikin pinggang dan pantat bentol-bentol. Tak mau ketinggalan aku pun meng-iyakan sekalian nawarin Ahz untuk coba pakai cd, eh mau dong doi cobain gak pake pampers. Dalam hati rasanya seneng tapi juga deg-deg-an secara hari sudah malam bok, kalau ngompol-ngompol kan ngepelnya lumanyun.

Seminggu pertama ompol-ompolan, karena Ahz belum bisa membedakan rasanya kebelet pipis. Ahz baru bilang kalau udah bocor. Justru Ahz lebih cepat paham rasanya kebelet pup, yaa emang lebih berasa kan mulesnya, wkwkw... Begitu dia bilang mau pup langsung kita gotong ke wc. Awalnya pakai ngotot gak mau, takut kecemplung. Triknya aku sama papanja jadi cheerleader nganterin ke wc. Heboh banget lah kayak ngiring manten hahahaa... Setelah bisa dan mau dengan ikhlas barulah sedikit demi sedikit kehebohannya kita kurangi, tapi tetap kasih jempol dan hore-hore kalau Ahz kelar pup. 

Oiya, Ahz malah lulusnya di wc jongkok, meskipun sekarang udah mau coba wc duduk lagi. Ternyata lebih enak ngajarin TT di wc jongkok karena gak ribet nyiapin potty. Keburu kebelet banget eh pas mau duduk, potty-nya kegeser-geser. Ini kayaknya yang bikin Ahz jadi sebel sm wc duduk hahaha... Jika ada yang nanya gimana cara melatih toilet training di toilet jongkok, yang Ahz lakukan yakni jongkok di salah satu pijakan kaki, posisi di-pas-in di atas lubang closet. Biar gak goyang atau jatuh/kejengkang Ahz pegangan ember yang ada di depannya, ember harus diisi air penuh biar anteng. Setiap kali pupnya keluar langsung diguyur sambil bilang hore2 ala cheerleader "yeaay udah keluar, bye bye eek...." biar anaknya semangat, hahahaa... rame bin heboh lah awal2 TT mah. Yang kudu hati-hati ya pas cebok karena harus turun pelan-pelan dari wc biar gak kepleset. Enaknya nyebokin pas udah bisa pup di wc itu gak belepotan yaa gaes... wkwkwkwk... lebih bersih dan keset karena udah kebuang sempurna di tempatnya. 

Minggu kedua mulai bisa bilang mau pipis walaupun masih beberapa kali kebablasan. Kalau tidur siang mulai gak pake pempers karena beberapa kali terbukti kering, tapi malamnya belum karena aku belum beli perlak. Minggu ketiga mulai bisa tuh lepas pampers siang seharian termasuk pas tidur dan mulai coba lepas pas malam. Padahal perlak masih belum kebeli karena belum sempat, yang di olshop juga belum di-checkout-checkout nunggu belanjaan lain.

Singkat cerita, dalam waktu kurang lebih 3 minggu Ahz lulus toilet training, dengan perlak gak jadi kebeli. Alhamdulillah dimudahkan dalam prosesnya dan gak ada pressure sama sekali. Woles gitu ngejalaninnya. Pelajaran selanjutnya adalah melatih Ahz cebok sendiri biar pas sekolah nanti udah bisa dan terbiasa.

-----

Tentang reward toilet training

Ada dong... biar anaknya senang. Lagian biaya reward itu gak seberapa dibanding budget pampers yang dikeluarkan tiap bulan, ehhee. Makin gede anak kan pampersnya makin butuh banyak karena lebih cepat penuh Ini yang bikin budget bertambah-tambah. So, bisa dibilang motivasi lain ngajari anak toilet training adalah demi menghemat budget bulanan, plus bisa nambah uang jajan mamahnya hahahahaha....

Pas awal banget TT aku beliin Ahz kancut lucu-lucu, tapi hasilnya nol. Lalu cari ide lagi, aku bilang uangku gak bisa buat beli mainan Ahz sering-sering karena dipakai untuk beli pampers, Ahz buy in tuh sama alasan ini, meskipun hasil TT periode 2 masih juga nihil. Periode berikutnya karena dadakan jadi lupa sama iming-iming reward. Setelah lulus TT Ahz baru ingat sama janji manis Mamanja dan langsung menagih mainan hahahaa... jadilah dalam 2 minggu paska lulusan, mobil-mobilan Ahz nambah beberapa biji... untung mamaknya jualan mainan anak juga, kalau enggak bisa boncos deh. Yang mau intip-intip mainan yang dijual Mamanja kepoin dah tuh IG @butia.id (iklan maning 😂).

Sampai dengan tulisan ini jadi, aku masih merasa euforia. Kayak orang lulusan. Dan benar, kita emang mesti percaya sama kemampuan dan feeling anak. Alih-alih dibujuk-bujuk sampai drama mending nunggu momen yang tepat. Meski begitu, kitanya juga harus aktif dan punya insting untuk menangkap peluang. Seperti case-nya Ahz, kebetulan ada momen kausatif atau sebab akibat yang bisa ditangkap. Kebetulan juga Ahz ini tipe anak yang percaya pada apa yang langsung dia rasakan. Kagak gampang percayaan doi tuh, ehehe...

Yawis gitu aja, semoga yang sedang di fase toilet training segera lulus juga yaa...


xoxo,

Mamanja


You May Also Like

0 Comments

Thankyou very much for dropping by. Tapi maaf saya moderasi ya, untuk menghindari spam dan komen dg link hidup. Bila waktunya luang pasti akan saya balas dan kunjungi balik blog kalian :)